Selasa, 23 April 2013

[ Review ] Apakah IQ bisa berubah ?

Selasa, 23 April 2013


IQ atau  Intelligence Quotient, tentunya hal yang tidak asing lagi di telinga kita. Gue juga pernah punya pertanyaan mengenai IQ. Apakah IQ seseorang bisa berubah? Pertanyaan yang muncul gitu aja di benak gue, dulunya yang gue tau bahwa IQ seseorang itu gak bisa berubah. Karena masih bingung, ya udah gue googling aja. Ketemu deh di sebuah forum yang waktu itu masih berdiskusi mengenai perubahan IQ.

Yang gue tangkep di forum itu, intinya bahwa IQ seseorang itu bisa berubah. Kenapa, biasanya seseorang bisa mengetahui berapa nilai IQ seseorang itu dengan mengikuti tes Psikotest. Dibilang bisa berubah, pastinya ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai dari hasil Psikotest seseorang, bisa saja ketika test Psikotest tersebut seeorang tidak fokus konsentrasinya, fisiknya lemah, dan lain sebagainya. Ketika kita mengikuti test psikotest beberapa kali, dengan konsentrasi yang berbeda, bisa saja nilai hasil psikotest nya nanti juga berbeda. Tapi biasanya, hasilnya gak terlalu jauh berbeda.

Tapi masih ada juga yang beranggapan bahwa IQ seseorang tidak bisa berubah. Ketika lagi diskusi di salah satu mata kuliah, dan ada yang bertanya mengenai IQ seseorang, apakah bisa berubah. Dan dosen kami pun menjawab, bahwa IQ seseorang itu tidak bisa berubah. Ketika seseorang keliatan nya lebih  pintar dibanding temannya yang IQ nya dibawah dia ataupun diatas dia, itu bisa saja disebabkan pemahaman pengetahuan dia. Pengetahuan seseorang yang bisa berubah, sedangkan IQ nya tidak.

Menurut gue dua alasan diatas masing-masing cukup masuk akal. Tapi masih cukup bingung. Mengapa? Karena yang gue googling juga menenai IQ seseorang yang bisa berubah, itu juga berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Sebelunya juga masih ada perdebatan mengenai apakah IQ bisa berubah atau tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Intan Saputri © 2014