Kamis, 09 Juli 2015

ESPE Lho

Kamis, 09 Juli 2015
Yeay akhirnya libur juga, setelah selesai espe ( semester pendek ) sekitar hampir satu bulanan. Puasa jauh dari orang tua sekitar dua mingguan, dan tentu saja untuk setiap hasil yang lebih baik akan ada hal-hal yang perlu dikorbankan. Berkurangnya waktu liburan misalnya, teman-teman lain yang sudah libur duluan tentu saja duluan juga mudik ke kampung halaman. Ini kali pertama saya ikut espe, karena baru sadar kalau nilai-nilai mata kuliah sebelumnya perlu di reparasi hehe.

Ya, saya juga memutuskan untuk mengikuti sp karena tak seperti biasanya. Kalau udah libur, maunya langsung mudik. Tapi kali ini enggak, mungkin karena sudah mulai betah atau nyaman di tanah rantauan. Hasrat untuk segera mudik pun biasa saja. Mumpung kesempatan emas ni yang jarang banget mampir hehe, makanya diputuskan mending ikut sp saja toh gak lama juga espe nya.

Selama sp banyak banget pengalaman yang saya alamin, pokoknya seru lah. Yang jelas saya lebih dekat dengan teman-teman satu kelas yang tak sedekat sebelumnya. Mulai sering nginep di rumah teman, punya teman baru juga yang mengikuti sp mata kuliah yang sama dan dari prodi yang berbeda, yang jelas kedeketan dengan temen itu luar biasa dari biasanya, dan lebih mengetahui seluk beluk daerah rantauan saya. Yang sebelumnya hanya tau daerah itu-itu saja, sekarang mulai tau daerah-daerah yang lain juga. Makanya saya seneng banget kalau diajakin teman nginep atau kemana gitu, ya biar pengetahuan tentang tempat di daerah tersebut pun bisa saya ketahui. Mungkin aja nanti saya kesana lagi, bisa jadi bukan dengan teman saya atau sendiri, setidaknya saya sudah pernah ke tempat tersebut jadi tak perlu khawatir kalau pergi sendirian.

Tapi, ada sedih juga selama espe. Ya setelah liburan , baru balik ke kampung halaman. Hampir sekitar enam bulan belum balik ke rumah. Sedihnya ya ketika mama bilang, “ Nak, kamu udah sekitar enam bulan baru balik ke rumah, ayah mu gak inget rupa wajah mu seperti apa Ntan. Kalau inget kamu Ntan, ayahmu pasti lihat foto mu, dia lupa kamu seperti apa”. Sedih banget waktu mama bilang kayak gitu. Padahala  hanya enam bulan saya  belum balik ke rumah. Gimana nanti kalau saya kuliah di luar negeri yang pulang kampungnya 1 tahun 1 kali, atau bisa jadi selama 2 tahun hanya 1 kali balik ke kampung halaman. Gimana ayah bisa inget wajah saya, ya ayah memang tak segahol jaman sekarang untuk ngepoin ke-eksisan anaknya di sosial media yang tren sekarang. Terlebih saya memang jarang banget eksis di sosial media atau sekedar upload foto-foto pribadi.


Jadi ketika saya balik kerumah, dan ayah baru balik kerja, ayah langsung menghampiri kayak ngelus-ngelus gitu, kangen anak gadisnya yang udah enam bulan gak ketemu. Pengen  banget nangis waktu itu, tapi aku tahanin biar gak nangis. Pokoknya sedih banget lah, enam bulan gak ketemu. Ketika balik, kerutan di wajah ayah mulai bertambah. Helaian uban di rambut mama mulai banyak. Yang membuktikan bahwa kita semakin tua. Ya tanpa kita sadari ketika usia kita bertambah, pun begitu dengan orang tua kita yang juga semakin bertambah tua.  Sayangi orang tua kita selagi ada, selalu mendo'akan mereka, mengabari mereka dan menanyakan kabar mereka memastikan mereka senantiasa sehat serta senantiasa dalam lindungan-Nya. Akan selalu ada hal yang perlu dikorbankan untuk melihat hal-hal indah lainnya dikemudian hari. Semangat berpositif ria :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Intan Saputri © 2014